Pentingnya Pelayanan Bagi Pelaku Wiraswasta

https://kudo.co.id/blog/wiraswasta

https://kudo.co.id/blog/wiraswasta

Bagi pelaku wiraswasta pasti biasa mendengar istilah yang menyatakan bahwa berkembang tidaknya bisnis tergantung dari pelayanan yang diberikan. Bidang usaha yang memperlakukan pelanggan dengan tidak baik maka tidak akan bertahan lama. Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan merupakan salah satu faktor yang sangat penting pada sebuah bisnis, pelayanan ini seperti suatu yang sering dianggap sebelah mata, padahal sangat utama.

Bahkan ada pengunjung yang lebih senang pada pelayanan yang diberikan ketimbang produk yang ditawarkan. Ada yang lebih memilih datang ke restoran A dengan rasa makanan biasa saja, tapi pelayanana memuaskan, daripada ke restoran B dengan makanan yang sangat enak tapi pelayanannya sangat buruk.

Kesalahan pasti bisa terjadi pada siapa saja, tapi dengan pelayanan yang baik dan respon dalam menanggapi kesalahan tersebut, mampu menutup semua kesalahan yang dibuat. Jika anda bergerak dibidang wiraswata online, bisa saja terjadi kesalahan dalam pengiriman, tapi dengan pelayanan yang baik seperti merespon dengan cepat dan cara menanggapi sopan, akan membuat pembeli tidak jadi marah-marah. Berbeda halnya dengan sudah barang yang dikirm salah, justru anda marah dan menyalahkan costumer justru semakin membuat usaha yang sedang anda jalankan menjadi terpuruk. Berbeda halnya dengan anda yang menekuni bisnis secara offline, dengan membuka toko atau bidang usaha lainnya. Tentunya keramahan dari penjual menjadi nilai plus bagi pembeli.

Pelayanan buruk bisa membuat usaha wiraswasta yang sudah anda perjuangkan menjadi terpuruk. Mungkin anda memberikan pelayanan terbaik pada semua pelanggan tapi staf anda tidak. Hal ini bisa jadi bumerang yang mampu mematikan bisnis anda. Anda wajib memberi tahu staf tersebut agar tidak melakukan hal itu lagi, anda harus menekankan bahwa pelayanan adalah faktor utama yang harus dikedepankan.

Namun jika tetap saja karyawan anda tidak berubah, akan lebih baik memberhentikan dia, daripada bisnis anda menjadi terpuruk dan para pelanggan pergi ke tempat orang lain yang menjai pesaing anda. Jangan sampai hal ini terjadi karena anda sendiri yang akan menyesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *