Batas Wilayah Indonesia Yang Tercantum Dalam Proposal

Batas Wilayah Indonesia Yang Tercantum Dalam Proposal – Ternak tidak akan menghasilkan susu dengan pakan yang memiliki kadar mineral rendah, jika pakan yang diberikan kekurangan mineral, ternak akan memanfaatkan Ca atau P pada tubuhnya, sehingga tulang bisa patah dan jika berlanjut produksi susu bisa menurun (Murti, 2014). Vitamin D dibutuhkan untuk hidup pokok, reproduksi, laktasi, pertumbuhan, dan pembentukan tulang yang baik. Defisiensi vitamin D menyebabkan kelemahan tulang, sendi yang kaku, bengkak dan punggung bungkuk. Vitamin D berperan penting untuk asimilasi Ca atau P pada produksi susu (Murti, 2014). Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan batas wilayah indonesia yang tercntum dalam proposal.

Batas Wilayah Indonesia Yang Tercantum Dalam Proposal

Dalam proposal ini terdapat batas wilayah indonesia yang sengaja saya sajikan untuk anda. Pakan diperlukan untuk memenuhi hidup pokok, pertumbuhan, produksi dan reproduksi (Haryanti, 2009). Berikut adalah tabel 2.1 dan 2.2 yang berisi tentang kebutuhan TDN dan PK untuk sapi perah yang sedang produksi susu sesuai dengan bobot badan masing-masing. Sapi perah akan mampu berproduksi dengan maksimal apabila bahan pakan hijauan dan konsentrat diberikan secara seimbang disesuaikan dengan kandungan nutrisi dalam bahan pakan dan jumlah pemberiannya (Hertanto, 2005).

Rasio pemberian pakan didasarkan pada jumlah kebutuhan pakan hijauan dan konsentrat. Kebutuhan pakan hijauan pada sapi perah adalah 10% dari bobot badan dan kebutuhan pakan konsentrat adalah 1% – 2% dari bobot badan (Murti, 2014). Rasio pemberian pakan hijauan dan konsentrat berbeda-beda, tergantung dari peternak itu sendiri. Rataan produksi susu terendah diperoleh dari sapi yang diberi ransum hijauan dan konsentrat sebesar 70% : 30% serta 60% : 40%. Pemberian rasio hijauan dan konsentrat 50% : 50% selain gizinya cukup seimbang juga cukup baik untuk saluran pencernaan, sehingga zat-zat makanan dapat dicerna, diadsorbsi, dan difermentasi dengan baik untuk keperluan produksi (Suherman, 2005). Inilah sedikit penjelasan mengenai batas wilayah indonesia.

Tingkat kecernaan pakan pada ternak sapi ditunjukkan dengan besarnya TDN dari komposisi pakan yang diberikan. Nilai TDN dari komposisi pakan pada penelitian ini paling rendah terdapat pada pakan dengan pemberian 100% rumput yaitu sebesar 13% dan nilai tertinggi terdapat pada pakan dengan pemberian 80% konsentrat dan 20% hijauan didapat TDN sebesar 45,42%. Penambahan jumlah konsentrat pada ransum akan meningkatkan TDN pakan (Gustiar dkk, 2014). Demikianlah penjelasan mengenai batas wilayah indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *