Contoh Teks Diskusi Tentang Penyakit Hewan Ternak

Contoh Teks Diskusi Tentang Penyakit Hewan Ternak –¬†Saya akan membagikan contoh teks diskusi tentang penyakit hewan ternak. Berdasarkan PERMEN LH No.11Tahun 2009, bahwa bagi usaha dan/atau kegiatan peternakan sapi dan babi yang telah beroperasi sebelum ditetapkannya Peraturan Menteri ini, berlaku baku mutu air limbah sebagaimana tercantum dalam Lampiran I dan wajib memenuhi baku mutu air limbah sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Peraturan Menteri ini paling lama tanggal 1 Januari tahun 2014 sedangkan bagi usaha dan/atau kegiatan peternakan sapi yang beroperasi setelah di berlakukannya Peraturan Menteri ini, berlaku baku mutu air limbah sebagaimana tercantum dalam Lampiran II Peraturan Menteri ini.

Contoh Teks Diskusi Tentang Penyakit Hewan Ternak

Untuk penerapan dari contoh teks diskusi harus berdasarkan pada penerimaan pendapat dari masing masin anggota. Dari hasil uji kualitas air limbah didapatkan informasi bahwa kualitas air limbah ternak dipeternakan rakyat anggota KUD Agribisnis Dana Mulya untuk parameter BOD, COD, dan TSS jauh dari nilai yang dianjurkan dalam PERMEN LH No. 11 Tahun 2009 naik untuk sampel A maupun sampel B. Sedang pH sudah memenuhi yang dianjurkan. Hal ini menjadi sebuah indikasi telah terjadi pencemaran lingkungan pada air sungai sekitar kandang yang disebabkan oleh urin, air limbah pencucian kandang dan pembersihan ternak.

Salah satu akibat dari pencemaran air oleh limbah ternak ruminansia ialah meningkatnya kadar nitrogen. Senyawa nitrogen sebagai polutan mempunyai efek polusi yang spesifik, dimana kehadirannya dapat menimbulkan konsekuensi penurunan kualitas perairan sebagai akibat terjadinya proses eutrofikasi, penurunan konsentrasi oksigen terlarut sebagai hasil proses nitrifikasi yang terjadi di dalam air yang dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan biota air. Karena jumlah O2 yang dibutuhkan untuk mendegradasikan limbah organic yang terdapat dalam air sangat tinggi. Semua contoh teks diskusi memiliki tema yang berbeda beda.

Kadar BOD yang nilainya jauh diatas baku mutu sangat berpotensi menimbulkan pencemaran air dan tanah. Jika suatu badan air dicemari zat organik, bakteri dapat menghabiskan O2 terlarut dalam air, sehingga kebutuhan O2 dari tumbuhan dan hewan yang ada di air akan terampas dan menyebabkan kepunahan tumbuhan air (Togatorop, 2009). Kandungan COD yang rendah juga akan menimbulkan masalah pencemaran lingkungan karena fitoplankton dan zooplankton tidak dapat hidup sempurna sehingga kandungan O2 terlarut dalam air rendah. Demikianlah contoh teks diskusi yang dapat saya bagikan. Terima kasih. Semoga artikel ini dapat beramanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *