Simak Hukum Berkurban dalam Islam yang Wajib untuk Diketahui Masyarakat Muslim

Qurban merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara penyembelihan pada hewan qurban yang dilakukan setelah selesai pelaksanaan shalat idul adha. Sedangkan melakukan kurban adalah suatu wujud rasa bersyukur para umat islam kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikannya. Sedangkan untuk saat ini pun juga tidak jarang diantara para masyarakat muslim yang masih dibingungkan akanĀ hukum berkurban dalam islam. Karena ada beberapa pendapat yang memiliki perbedaan pendapat yang menjadikan para masyarakat yang masih minim pengetahuan menjadi bingung.

 

Para ulama mengatakan bahwa hukum berkurban itu memiliki hukum yang wajib bagi orang yang memiliki kemampuan dalam hal perekonomiannya serta orang yang memiliki rezeki yang cukup. Akan tetapi bagi para masyarakat yang minim dalam hal perekonomian atau tidak memiliki harta yang cukup, maka berkurban hukumnya sunnah. Sedangkan pada qurban merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang tidak boleh untuk ditinggalkan.

 

Allah sangat mencintai para hambanya yang rela dan ikhlas dalam menghabiskan sebagian hartanya untuk melakukan ibadah, salah satunya yaitu dengan melakukan qurban. Perlu Anda ketahui bahwa berqurban memiliki banyak manfaat baik di dunia maupun di akhirat nantinya. Inilah beberapa keuntungan dari melakukan ibadah qurban, yaitu sebagai berikut ini:

 

  1. Allah akan menutup dosa-dosa atas perbuatan buruk yang dilakukan para hambanya.
  2. Qurban dapat mempererat tali persaudaraan antara umat muslim.
  3. Dapat meningkatkan solidaritas antar sesama umat muslim dengan cara membeli, menyembelih hewan qurban serta membagikan daging qurban.
  4. Sebagai cara untuk menabung pahala di akhirat nantinya.
  5. Melancarkan rezeki.

 

Allah selalu menganjurkan bagi para umat muslim yang berqurban untuk selalu memberikan hewan yang sempurna dan juga istimewa, meskipun dengan harga yang cukup mahal, akan tetapi hal ini tidak akan membuat hambanya merasa miskin, karena Allah akan melipat gandakan pahalanya serta melancarkan segala rezekinya. Malaikat akan selalu mencatat setiap amal baik dan buruk kita, sehingga Anda tidak akan pernah merugi jika melakukan ibadah qurban setiap tahunnya. Khususnya bagi Anda yang memiliki kelapangan harta, maka lakukan hal ini sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah serta untuk mengharapkan ridho-Nya.

 

Di dalam hukum islam, maka melakukan ibadah kurban diwajibkan bagi para masyarakat muslim yang memiliki kemampuan dalam hal materi, karena pada dasarnya kekayaan serta rezeki yang kita miliki adalah berasal dari Allah, sehingga dengan kepada Allah lah harta kita akan kembali. Jika hal baik ini dapat Anda jalankan, maka untuk di akhirat nanti pun Anda juga akan memiliki tabungan serta amal yang baik pula yang pernah Anda lakukan semasa di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *